F Konfigurasi FTP Server di Debian 9 - Jago TKJ
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konfigurasi FTP Server di Debian 9



Konfigurasi FTP Server di Debian 9 - Pada postingan ini saya akan share sedikit ilmu tentang dunia TKJ yaitu tutorial cara membuat FTP Server di Debian 9.Gimana ya caranya?susah gk sih?yuk simak postingan berikut.


FTP (File Transfer protocol)

FTP atau File Transfer Protocol merupakan protocol yang memiliki fungsi untuk pertukaran file dalam jarigan komputer baik skala kecil maupun besar dan yang mendukung protocol TCP/IP yah.Di ftp itu ada namanya server dan client yang mana server itu yang memberikan dan client yang menanggapi.Atau aplikasi yang memberikan akses/pertukaran file data antara dua komputer atau lebih.

Transfer file itu bisa terjadi karena sebuah komputer yang berada djaringan lokal dengan komputer lainnya atau transfer data bisa terjadi juga karena komputer kita ke server FTP lewat internet.Jadi ftp itu aplikasi yang sangat membantu untuk para karyawan, karena aplikasi ini menyediakan akses kepada pengunjung ataupun user untuk mengakses data yang disimpan pada server FTP tersebut, dan bisa diakses juga dengan jumlah komputer yang banyak dan bersamaan.


FTP memiliki fungsi yaitu :

  • Sharing data/file.
  • Menyediakan tempat bagi user/pengunjung.
  • FTP menyediakan transfer data yang simple dan efisien.
  • FTP juga menyediakan akses indirect atau implicit remote komputer.
  • Bisa digunakan untuk melakukan backup/restore data.

FTP memiliki cara kerja untuk mengaplikasikannya, yaitu dengan menggunakan authentikasi standart yang mana untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server diperlukan username dan password, sehingga user yang terdaftar saja yang memiliki akses untuk membuka FTP, kecuali dengan user anonymous yang sudah dikonfig secara khusus.



Jadi FTP client akan mengirimkan akses pesan untuk meminta layanan transfer data/file ke FTP server.Jika ftp client terhubung dengan FTP server maka ftp client akan melakukan proses download, upload dan proses lain yang diizinkan di FTP.

FTP memiliki 2 mode user saat login:
  • Authentication login
yaitu dimana user atau client jika sudah terhubung ke ftp server maka harus menggunakan user dan password yang sudah didaftrkan oleh server ftp.
  • Anonymous login
yaitu user atau client jika sudah terhubung ke ftp server maka dia tidak memerlukan password untuk login FTP.Dia hanya dimintai username saja sehingga mode ini menjadikan server kurang aman.


Update repository (paket) Debian.
Cek koneksi internet dalam server debian, pastikan sudah terhubng ke internet yah karena kita akan menginstall beberapa paket paket FTP serta update dari server debian, masukan perintah ping google.com.



Tambahkan repository debian 9, kalian bisa ambil repositorynya dari internet disana sudah banyak menyediakan repository debian.Edit file sources list, masukan perintah nano /etc/apt/sources.list.Tambahkan repository di baris paling bawah.



Jika sudah update srver debian agar paket repository nya dapat bekerja, masukan perintah apt-get update.



Sub Domain FTP.
Jika sebelumnya kalian sudah membuat dns, kalian bisa menambahkan sub domain FTP di dns kalian.Disini untuk menambahkan sub domain ftp, masuk ke file forward dan reverse debian.Edit file forward terlebih dahulu, masukan perintah nano /etc/bind/tkj.Tambahkan sub domain FTP yaitu ftp    IN    A    192.168.0.4.



Tambahkan juga sub domain ftp di file reverse, masuk ke file reverse dns dengan masukan perintah nano /etc/bind/ip-tkj.Tambahkan sub domain ftp seperti 4    IN    PTR    ftp.jagotkj.my.id.



Restart dns agar konfigurasi yang sebelumnya sudah kita rubah dapat berjalan, masukan perintah /etc/init.d/bind9 restart.



Cek DNS apakah sub domain ftp kita berjalan atau tidak, dengan masukan perintah nslookup ftp.jagotkj.my.id.



Install Paket-paket FTP.
Disini kita kana menggunakan FTP proftpd, yaitu yang memiliki sebuah file konfigurasi yang sangat mudah dikelola.Sintaks dari proftpd.conf sangat mirip dengan file konfigurasi apache.Hal ini cukup efisien untuk mengelola file konfigurasi.Install proftpd dengan masukan perintah apt-get install proftpd.



Install juga untuk paket FTP client, yang bertujuan agar si client dapat mengakses file FTP yang sudah dibuat dari debian server, masukan perintah apt-get install ftp.



Konfigurasi FTP.
Pertama kita akan melakukan backup file FTP, agar jika terjadi kesalahan dalam konfigurasi kita sudah mempunyai backupan, untuk antisipasi saja ya.Masukan perintah cd /etc/proftpd/ untuk membuat backup masukan perintah cp proftpd.conf proftpd.conf.jagotkj (file backup-an).



Ubah server name debian di FTP, masuk ke file FTP dengan perintah nano proftpd.conf.Kita ubah dibagian server name yang sebelumnya 'Debian' menjadi nama domain ftp kalian tetapi jika kalian blm mempunyai domain ftp pada bagian ini kalian diamkan saja.



Konfigurasi FTP User Authentiaction.
Untuk mengaktifkan user authentication hal pertama yang di lakukan adalah masih dengan edit file FTP, masuk ke file ftp dengan perintah nano proftpd.conf.Cari bagian "default root" jika sudah ketemu, hapus tanda pagar "#" untuk mengaktifkan user authentication.



Buat user untuk mengakses FTP authentication, masukan perintah adduser jagotkj-01 yang nantinya jagotkj-01 adalah user untuk login authentication, jangan lupa masukan password.



Restart FTP agar konfigurasi sebelumnya yang sudah kita lakukan dapat berjalan, masukan perintah /etc/init.d/proftpd restart.



Verifikasi Authentication Login
Akses FTP dengan menggunakan perintah ftp ftp.jagotkj.my.id (nama domain atau ip server), masukan user dan password yang sudah dibuat sebelumnya.



Kita akan coba membuat folder bernama "folder-jagoTKJ" untuk membuat folder menggunakan perintah mkdir folder-jagoTKJ.Dan folder pun sudah dibuat, karena akses authentication ini memiliki akses full (write dan read).



Verifikasi juga FTP di Client dengan menggunakan CMD, folder, dan browser.Sebelum dicek di client pastikan kalian sudah memasukan dns (ip server) ke dalam network si client.



Jika sudah cek domain ftp dengan perintah nslookup ftp.jagotkj.my.id.



Masukan perintah ftp ftp.jagotkj.my.id, masukan user dan password dan cek dengan perintah ls.Apakah folder yang sudah dibuat sebelumnya ada atau tidak, dan ternyata foldernya ada.



Cek juga dengan menggunakan folder di client, masuk ke bagian network dengan masukan alamat ftp://ftp.jagotkj.my.id.Masukan user dan password klik log on.



Dan folder yang dibuat sudah ada dibagian ftp folder.



Cek di Browser client, masuk ke browser lalu ketikan url dengan alamat ftp://ftp.jagotkj.my.id.masukan user dan password klik oke.



Dan folder yang sudah dibuat sudah ada dibagian ftp browser.



Konfigurasi FTP User Anonymous.
Pertama untuk mengaktifkan user anonymous, hal pertama adalah kita harus menonaktifkan user authentication.Dengan edit file proftpd (FTP) masukan perintah nano proftpd.conf.Cari default root dan tambahkan tanda "#".



Tambahkan user untuk mengakses FTP anonymous, dengan menggunakan perintah adduser jagotkj-02.Nantinya jagotkj-02 yang akan digunakan untuk login anonymous.



Jika sudah kita akan aktifkan user anonymous dengan menambahkan script khusus login anonymous, scroll file FTP paling bawah, tambahkan script berikut :
<anonymous /home/debian-firman/>
user jagotkj-02
</anonymous>



Restart ftp agar konfigurasi yang sudah kita lakukan dapat berjalan, masukan perintah /etc/init.d/proftpd restart.



Akses FTP anonymous dengan masukan perintah ftp ftp.jagotkj.my.id, disini kita hanya memasukan user yang sudah didaftarkan saja untuk passwordnya biarkan kita kosongin.Otomatis sudah bisa login dengan bertandakan seperti digambar.



Kita akan mencoba membuat folder di user FTP anonymous dengan perintah mkdir folder-jagotkj-02.Maka hasilnya tidak bisa karena akses anonymous ini hanya memiliki akses read saja yang berarti dia tidak bisa menambahkan, menghapus dan mengedit file dia hanya bisa melihat saja.



Verifikasi di Client dengan CMD, masukan perintah ftp ftp.jagotkj.my.id tanpa memasukan password.Maka hasilnya sudah bisa masuk yah.



Cek juga ftp dengan folder client, masuk ke folder dan ke bagian network ketikan alamat ftp://ftp.jagotkj.my.id.Masukan username saja klik log on.



Bisa dilihat dalam user FTP anonymous tidak ada file apa apa karena untuk membuat folder tidak bisa dizinikan oleh server FTP.



Cek ftp dengan browser client, masuk ke browser dan ketikan url ftp://ftp.jagotkj.my.id.Masukan username saja klik Oke.



Dan di FTP browser tidak ada folder apapun.



jagoTKJ.my.id


Post a Comment for "Konfigurasi FTP Server di Debian 9"