Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib ketahui 6 pelajaran yang dipelajari di TKJ

 Meta deskripsi : Teknik komputer jaringan merupakan jurusan yang ramai peminat, bagi anda yang ingin masuk jurusan ini simak 6 pelajaran yang dipelajari di TKJ berikut ini

Pixabay.com

Berkembangnya dunia teknologi membuat masyarakat semakin tertarik untuk mempelajari komputer, tidak heran jika jurusan teknik komputer jaringan menjadi salah satu jurusan yang paling popular dan banyak diminati terutama bagi mereka yang ingin masuk ke sekolah menengah kejuruan. Sebelum masuk ke jurusan tersebut anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang dipelajari di TKJ, agar kedepannya anda tidak merasa salah jurusan.

Teknik komputer dan jaringan merupakan sebuah jurusan yang akan mempelajari cara merakit komputer, mengenal dan memahami komponen hardware yang ada dalam komputer dan mempelajari jaringan-jaringan dasar. sebagai lulusan tkj kedepannya anda bisa bekerja sebagai network administrator ataupun IT support. Di indonesia sendiri masih membutuhkan banyak pekerja di bidang IT support. 

Jika anda tertarik dalam bidang komputer dan jaringan dan ingin masuk kedalam jurusan tkj, simak ulasan berikut ini yang membahas tentang apa yang dipelajari di TKJ.

6 Pelajaran Yang Dipelajari Di TKJ

Beberapa Pelajaran yang akan anda dapatkan ketika mengambil jurusan ini 

1. Komputer Dan Jaringan Dasar

Pelajaran dasar yang akan anda dapatkan ketika mengambil ini adalah komputer dan jaringan dasar. pelajaran ini akan membahas tentang bagian-bagian pada komputer dan jaringan mulai dari perangkat hadware, software hingga perkembangan jaringan. Pada pelajaran ini juga akan diajarkan cara menyelesaikan permasalahan yang ada pada instalasi software.

2. Pemrograman Dasar

Pelajaran dasar lain yang akan anda pelajari adalah pemrograman dasar. pada pelajaran ini akan diajarkan tentang bahasa pemrograman perangkat lunak, pembuatan antar muka pada aplikasi, membuat kode program, dan masih banyak lagi yang akan anda pelajari mengenai pemrograman pada pelajaran ini.

3. Dasar Desain Grafis

Pelajaran yang satu ini akan mengajarkan anda tentang dunia perdesain grafisan. Anda akan diajarkan tentang tata letak desain, ilustrasi, warna, tekstur, dan ruang. Selain itu anda juga akan mempelajari cara pembuatan desain vector, membuat desain berbasis gambar bitmap dan membuat penggabungan antara gambar vector dan bitmap.

4. Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)

Salah satu pelajaran yang harus anda pahami dan kuasai ketika mengambil jurusan TKJ salah satunya adalah teknologi jaringan berbasis luas (WAN). Pelajaran ini termasuk kategori sulit namun bukan berarti anda tidak bisa memahami dan menguasai. 


Pada pelajaran ini anda akan diajarkan tentang jaringan nirkabel beserta permasalahannya, mengidentifikasi jenis-jenis kabel fiber optic, mengevaluasi perangkat pasif jaringan fiber optic, melakukan perbaikan jaringan fiber optic , menggunakan alat kerja fiber optic dan membuat desain jaringan berbasis luas.

5. Administrasi Sistem Jaringan

Pelajaran selanjutnya yang akan dipelajari jika anda mengambil jurusan tkj adalah administrasi sistem jaringan. Pada pelajaran ini anda akan belajar tentang konfigurasi DHCP Server, VPN server, konfigurasi Mail Server, sistem control dan monitoring. Selain itu anda juga akan mempelajari sistem keamana jaringan

6. Teknologi Layanan Jaringan

Pada pelajaran ini anda akan memahami ragam aplikasi komunikasi data, menganalisis standar komunikasi data, menganalisis kebutuhan beban/bandwidth jaringan, menginstalasi server softswitch berbasis session initial protocol (SIP) , memahami konsep kerja protokoler server softswitch dan masih banyak lagi pembahasan-pembahasan mengenai layanan jaringan lainnya.

Demikian penjelasan terkait beberapa matapelajaran yang dipelajari di TKJ, tentu saja di TKJ tidak hanya mempelajari terkait komputer, anda juga akan memperoleh pelajaran umum seperti bahasa inggris,  bahasa indonesia, dan matematika.  bagi anda yang ingin mendaftarkan diri bisa mempelajari terlebih dahulu mengenai jurusan TKJ agar kedepannya bisa lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki


Post a Comment for "Wajib ketahui 6 pelajaran yang dipelajari di TKJ"