Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Yang Tidak Berfungsi

JagoTKJ.My.id - Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Yang Tidak Berfungsi, Keyboardmerupakan salah satu perangkat yang sering kita gunakan untuk mengetik di laptop maupun komputer, mungkin jika tidak ada keyboard kita sedikit kebingungan bagaimana kita akan mengetik suatu pekerjaan.

Namu  apa yang terjadi jika keyboard pada laptop/komouter kita rusak atau tidak berfungsi sama sekali, tenang disini saya akan membagikan tutorial cara memperbaiki keybiard yang rusak tidak berfungsi.

Salah satu kegagalan keyboard laptop yang paling umum adalah bahwa terdapat beberapa tombol yang tidak berfungsi dan bahkan semua yang ada di keyboard tidak dapat mengetik huruf.

Ini berarti bahwa keyboard laptop masih tidak dapat menerima Respon bahkan jika anda menekannya. Layar laptop selalu tampak kosong karena keyboard tidak bisa mengetik huruf.

Jika ini terjadi dengan keyboard di laptop jangan buru-buru mengganti komponen keyboard. Ada beberapa langkah yang perlu anda ikuti untuk mengatasi kegagalan keyboard laptop.

Untuk informasi lebih lanjut berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi atau tidak dapat mengetik huruf.

Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi



Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Yang Tidak Berfungsi


1. Bersihkan Keyboard dari Debu

Jika ada beberapa tombol pada keyboard yang tidak berfungsi ada kemungkinan bahwa mereka tidak dapat menanggapi perintah karena mereka diakumulasikan oleh debu.

Untuk mengatasinya anda dapat memiringkan laptop pada sudut satu derajat dan mengocoknya untuk menghilangkan debu. Kemudian bersihkan bagian atas dan bawah keyboard dengan selotip untuk menyerap debu.

2. Restart Laptop

Masalah keyboard laptop yang rusak juga dapat disebabkan oleh perangkat lunak atau driver. Untuk mengatasi masalah ini restart laptop anda dengan menekan tombol daya selama beberapa detik.

3. Instal Ulang OS

Jika metode ini diaktifkan anda juga dapat melakukan Pemulihan Sistem Windows untuk memulihkan sistem. Untuk melakukan ini klik menu Start pada panel kontrol dan pilih Cadangkan dari komputer.

Pada halaman selanjutnya, silahkan klik Recover system settings or your computer dan pilih Open System Restore.

4. Perbaikan Driver Keyboard

Solusi lain adalah memperbarui driver keyboard. Untuk melakukannya buka menu Control Panel dengan memilih System and Security lalu klik Device Manager.

Di menu ini temukan driver keyboard dan perbarui driver keyboard dengan menghubungkan laptop ke Internet.

Solusi Mengetik Saat Keyboard Laptop Rusak
Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Yang Tidak Berfungsi



Dalam kondisi darurat dan keyboard laptop mengalami kerusakan, kamu tetap bisa mengerjakan pekerjaan mempergunakan keyboard virtual.

Khususnya keyboard virtual di mana pengguna Windows dan Windows dapat mengakses:

Secara khusus, keyboard virtual bisa dipakai oleh kamu pengguna Windows 8 dan Windows 10 dengan cara :

1. Aktifkan On-Screen Keyboard menggunakan mouse dengan klik Start Menu, cari menu Windows Ease Of Access dan klik On-Screen Keyboard.

2. Jika keyboard fisik kamu masih berfungsi sebagian, kamu bisa membuka Start Menu dan mengetik OSK kemudian klik On-Screen Keyboard.

3. Keyboad virtual juga bisa kamu akses dengan klik Start Menu > Settings > Ease of Access > Keyboard lalu aktifkan opsi Turn On The On-Screen Keyboard.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi atau tidak bisa mengetik huruf. Semoga membantu!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Yang Tidak Berfungsi"