7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Anak TKJ


Judul : 7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Anak TKJ
link : 7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Anak TKJ


7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Anak TKJ

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Anak TKJ – Sebagai peserta didik yang bersekolah di SMK, lebih tepatnya yang mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), tentu hal ini dalam mendukung proses pembelajaran dan melatih keterampilan siswa dalam mendalami prodi yang dipilih, dibutuhkan aplikasi dan software pendukung yang perlu diinstal pada Laptop atau Komputer yang digunakan.

Dunia TKJ sebenarnya cukup luas bidang kerjanya, bisa itu berhubungan dengan software komputer, bagian hardware, atau bisa juga dalam instalasi jaringan. Prospek yang menjanjikan ini tidak bisa digapai dengan mudah, sebab dibutuhkan siswa yang memiliki skill dan ilmu pengetahuan yang baik.

Nah bagi teman –teman yang saat ini sedang mendalami jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, ada baiknya kalian bisa simak artikel berikut, dan pastikan 7 aplikasi ini sudah terinstal pada komputer kalian.

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Anak Teknik Komputer dan Jaringan

Daftar aplikasi dibawah ini diharapkan dapat menjadi media belajar, dan sekaligus memudahkan dalam siswa – siswi menyelesaikan tugas sekolah yang diberikan Bapak / Ibu Guru. Terlebih saat ini sedang dalam situasi pandemi COVID-19. Dan juga tentunya akan berdampak kurangnya sumber ilmu yang didapat, karena semua siswa peserta didik disuruh belajar sendiri dirumah, dan tidak masuk ke sekolah. Hal ini akan membuat terbatasnya para guru dalam mengajar dan memberikan materi terkait jurusan TKJ.

1. Virtual Box

Diurutan pertama mungkin teman – teman sudah tidak asing bagi siswa yang menggeluti jurusan TKJ. Aplikasi ini sendiri wajib untuk diinstal pada Komputer kalian. Sebab fungsinya yang penting, berfungsi untuk menguji coba dari instalasi Sistem Operasi (OS). Diantaranya adalah Windows, Linux, Unix, dan masih banyak lagi lainnya. Mudah digunakan, simpel, dan tampilan antarmukanya yang gak ribet, tentu siswa tidak lagi bingung dalam mengoperasikannya.

2. Winbox

Selanjutnya yakni Winbox. Aplikasi ini tidak kalah penting dengan sebelumnya. Soalnya software ini sangat berguna dalam membangun suatu jaringan. Disini kita bisa menggunakannya untuk mengatur, menyetting, dan juga mengonfigurasi sebuah jaringan yang terkoneksi dengan router.

3. Notepad++

Diurutan ketiga software yang harus teman – teman instal dan coba adalah Notepad++. Lebih luas fungsinya dari aplikasi Notepad biasa, yang memang sudah disediakan secara bawaan pada laptop atau komputer Windows. Ada banyak fitur yang sangat membantu dalam membuat dan menuliskan script untuk membangun suatu website, dan masih banyak lagi fungsinya.

4. Lazarus

Agak mirip fungsinya dari list sebelumnya, Lazarus dapat kita gunakan untuk menyusun script dengan mudah. Tentunya disini teman-teman juga sudah memiliki keahlian seperti yang telah diajarkan pada materi dasar jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

5. Cisco Packet Tracer

Kemudian diurutan kelima ada aplikasi Cisco Packet Tracer. Software ini sangat cocok digunakan bagi teman - teman yang berminat dan menyukai bidang untuk merancang sebuah jaringan, dan melakukan desain pada suatu jaringan tersebut. Fungsinya sendiri sangat membantu bagi anak TKJ, misal mau merancang Topologi, tetapi tidak ingin ribet melakukannya sendiri secara manual. Nah teman-teman bisa menggunakan software yang satu ini.

6. Photoshop

Nah diurutan keenam yaitu Photoshop. Mungkin kalian sudah tidak asing dengan software editing yang sangat populer ini. Tidak hanya dikalangan anak TKJ saja, semua orang bisa menggunakannya. Namun bagi teman – teman yang mengambil jurusan Teknik Komputer Jaringan, sepertinya sangat wajib untuk memilikinya. Sebab disini kalian bisa memanfaatkan skill yang sudah kalian miliki untuk membangun sebuah usaha setelah lulus dari sekolah nanti, seperti desain banner, poster, edit foto, gambar, dan masih banyak lagi usaha yang bisa kalian dirikan.

7. Corel Draw

Sebelum kami mengakhiri artikel ini, ada satu lagi software untuk mendesain gambar, yang tentunya fungsinya juga sangat banyak yaitu Corel Draw. Agak berbeda sebenarnya biasanya Corel Draw ini digunakan. Teman-teman bisa mendalami penggunaan Corel Draw untuk desain grafis, desain stiker, poster, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah itulah tadi deretan aplikasi yang wajib diinstal, terlebih untuk anak Teknik Komputer dan Jaringan. Sebenarnya diluar sana masih ada banyak software yang sangat membantu dalam belajar. Tetapi kami rasa 7 aplikasi diatas yang sangat penting dan banyak digunakan. Baik cukup sampai disini artikel kali ini dari kami, apabila ada hal yang belum jelas, ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Jagotkj.my.id

1 comments:

Author
avatar

Saya kira aplikasi di HP :)
Yah mungkin wajib yah saya yg bukan anak TKJ aja install NP++, Photoshop dst 😁

Sukses selalu kak

Balas