Cara Install Aplikasi pada Laptop atau PC Windows


Judul : Cara Install Aplikasi pada Laptop atau PC Windows
link : Cara Install Aplikasi pada Laptop atau PC Windows


Cara Install Aplikasi pada Laptop atau PC Windows

Cara Instal Aplikasi pada Laptop atau PC Windows – OS Windows memang sudah sangat populer saat ini. Terbukti pilihan aplikasi pada Microsoft Store begitu beragam. Tentunya hal ini akibat banyaknya pengguna yang memakai komputer dan laptop dengan sistem operasi Windows, sehingga developer aplikasi berlomba-lomba agar software tersebut bisa tersedia dalam format yang dimiliki Windows itu sendiri. 

Hal tersebut tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi pengguna, termasuk teman-teman mungkin juga merasakan hal yang sama, yaitu tersedia beragamnya pilihan software yang dapat didownload. Sehingga meski memiliki fungsi yang serupa, tetapi setiap aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan yang berbeda menawarkan kelebihan dan fitur unggulan tersendiri.

Sebagai pemula yang belum terlalu sering mengoperasikan komputer, apakah teman-teman sudah mengetahui cara menginstal software pada computer? Nah tentunya hal ini perlu teman-teman ketahui. Meski tergolong mudah untuk sebagian orang, nyatanya cukup banyak juga yang belum mengetahuinya.

Sebab ilmu ini sendiri dapat dikategorikan sebagai ilmu dasar pengoperasian komputer. Sehingga wajib untuk kalian ketahui. Pada kesempatan kali ini, kami akan berikan penjelasan mengenai langkah-langkah dalam menginstal aplikasi pada laptop atau komputer OS Windows.

Cara Menginstal Aplikasi di Komputer dan Laptop Windows 7, 8, atau 10

Disini kami mempunyai 2 buah cara dalam menginstal software pada PC Windows, diantaranya adalah melalui Microsoft Store dan cara lainnya melalui file .exe yang merupakan format aplikasi pada sistem operasi Windows.

Cara Menginstal Aplikasi Melalui Microsoft Store

Bagi teman-teman yang belum mengetahui apa itu Microsoft Store, platform ini  sendiri merupakan toko aplikasi yang disediakan pihak Microsoft secara bawaan, dan didalamnya menyediakan pilihan software untuk didownload dan diinstal pada komputer. Nah jika diibaratkan Android, Microsoft Store ini adalah sebagai Play Store nya. Cara untuk menggunakannya juga tidak sulit. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa Komputer atau Laptop yang kalian gunakan sudah terkoneksi dengan internet. Apabila belum, silahkan hubungkan terlebih dahulu memakai Wi-Fi, kabel data, atau lainnya.

2. Selanjutnya kalian buka Microsoft Store, biasanya untuk letak aplikasi ini sudah disematkan pada task bar. Namun apabila tidak ditemukan, bisa kalian coba cari menggunakan fitur pencarian ataupun cari didalam menu START.

3. Kemudian jika sudah berhasil masuk, silahkan cari aplikasi atau game yang akan kalian download. Lalu klik pada opsi Get. Sehingga disini proses download akan dimulai.

4. Kita tunggu sampai proses download selesai, berikutnya kalian tunggu sebentar sampai proses instalasi aplikasi juga selesai dilakukan.

5. Nah apabila proses download dan penginstalan aplikasi sudah berhasil, terakhir teman-teman bisa menjalankan aplikasi tersebut dengan mengeklik opsi Launch.

Cara Menginstal Aplikasi Menggunakan File .EXE

Lanjut teman – teman bisa menggunakan cara yang kedua. Cara ini sendiri merupakan langkah yang biasanya digunakan oleh pengguna komputer, apabila software tersebut hasil download dari sumber luar yang memiliki ekstensi .exe. Disini maksudnya bukan lewat Microsoft Store seperti apabila menggunakan cara yang pertama. Bisa itu sumbernya dari internet, ataupun memintanya dari pengguna lain. Oke, langsung saja berikut ini langkah-langkahnya :

1. Langkah pertama sebelum dapat diinstal, kalian siapkan terlebih dahulu file aplikasi dengan format .exe. Dan pastikan sudah masuk pada memori penyimpanan komputer.

2. Selanjutnya untuk menginstalnya, buka File explorer dan temukan letak file .exe tersebut tersimpan. Lalu klik kanan pada nama file aplikasi yang sudah didownload sebelumnya. Setelah itu pilih Open.

3. Kemudian apabila muncul dialog persetujuan User Account Control (UAC) klik OK.

4. Untuk melanjutkan instalasi pilih opsi Next.

5. Setelah itu pilih setelan bahasa yang digunakan, dan lain-lain.

6. Langkah terakhir pilih opsi Finish.

7. Nah pada langkah ini biasanya proses penginstalan aplikasi pada komputer atau laptop sudah selesai. Namun jika didalamnya masih ada data yang perlu diinstal, pastikan telah terhubung dengan internet. Dan ikuti petunjuknya sampai selesai.

Nah seperti itu kira-kira langkah untuk menginstal aplikasi pada laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows yang paling sering digunakan. Baik cukup sampai disini artikel kali ini dari kami, apabila ada hal yang belum jelas ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman-teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. 

Jagotkj.my.id