Anak TKJ Wajib Mengenal Hardware, Software, dan Brainware


Judul : Anak TKJ Wajib Mengenal Hardware, Software, dan Brainware
link : Anak TKJ Wajib Mengenal Hardware, Software, dan Brainware


Anak TKJ Wajib Mengenal Hardware, Software, dan Brainware


Mengenal Hardware, Software, dan Brainware - Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, kebutuhan akan Komputer juga kian bertambah. Pada perangkat komputer sendiri setidaknya ada 3 komponen dasar yang harus ada. Diantaranya adalah hardware, software, dan terakhir adalah brainware.

Ketiga elemen tersebut memiliki peran masing-masing, dan terintegrasi satu sama lain. Apabila ada satu yang tidak ada, maka perangkat komputer tidak bisa berjalan dengan lancar, bahkan tidak dapat berfungsi.

Lalu Apa yang Dimaksud dengan Hardware, Software dan Brainware?

Hardware (Perangkat keras)

Elemen pertama dari perangkat komputer yaitu Hardware. Hardware merupakan komponen – komponen yang menyusun komputer dalam bentuk fisik, dan dapat dilihat secara kasat mata. Yang terdiri dari perangkat input (masukan), perangkat proses, dan perangkat output (keluaran).

1. Perangkat Input (masukan), Merupak
an perangkat yang difungsikan sebagai masukkan data pada computer. Data yang diinput tersebut akan diolah kemudian nantinya akan dikerjakan oleh perangkat proses. Contoh dari perangkat input adalah seperti keyboard, dan mouse.

2. Perangkat proses, Merupakan perangkat yang akan memproses dan menjalankan perintah atas masukan dari perangkat input, contohnya adalah processor.

3. Perangkat Output (keluaran), Merupakan perangkat keras yang berfungsi memperlihatkan hasil dari kerja perangkat input dan proses, contohnya monitor, speaker, printer dan lain – lain.

Software (Perangkat lunak)

Apa itu Software ? Software merupakan sekumpulan data elektronik yang tersimpan pada komputer, yang berfungsi sebagai instruksi dan penghubung antara kerja dari hardware, dan pengguna yang mengoperasikan komputer, ataupun sebaliknya. Perangkat lunak ini sifatnya tidak bisa dipegang dan tidak memiliki bentuk fisik. Meskipun begitu, peran dari software ini sangat penting. 

Software terbagi dalam 2 jenis, yaitu system operasi (OS), dan software aplikasi. Kedua-duanya dapat dikategorikan sebagai perangkat lunak, namun memiliki fungsi yang berbeda.
 
Berikut ini klasifikasinya :
• Sistem Operasi (Operation System)
Sistem operasi merupakan bagian dari perangkat komputer yang memiliki peran sangat penting, supaya komputer dapat digunakan. Operation System atau yang kita kenal dengan OS, fungsi dari OS ini sendiri adalah untuk mengatur segala aktivitas dan menginstruksikan perintah yang dilakukan pengguna ke prosesor. Dan juga sistem operasi berguna sebagai tempat agar program aplikasi dapat diinstal dan digunakan pada komputer. Saat ini, ada banyak sekali contoh dari sistem operasi pada perangkat komputer, seperti Windows, Linux. Unix, Mac OS dan lain sebagainya.

• Program Aplikasi
Agak berbeda dengan system operasi, sementara program aplikasi ini bisa dikatakan sebagian kecil dari software, yang berfungsi melakukan aktivitas khusus tergantung jenis apa yang akan dijalankan oleh pengguna. Seperti contohnya Microsoft word sebagai aplikasi pengolah kata, lalu Microsoft Excel sebagai aplikasi pengolah angka.

Brainware (Pengguna)
Sedangkan elemen terakhir dari perangkat komputer adalah pengguna atau manusia itu sendiri, yang akan memberikan masukkan terhadap perangkat keras, dan dihubungkan dengan software untuk dapat menghasilkan suatu pekerjaan. 

Tanpa adanya manusia, perangkat yang sudah ada seperti hardware dan software tidak akan bisa berjalan dengan sendirinya, tanpa ada yang memberikan instruksi, dan yang mengoperasikannya. 

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai pengertian hardware, software, dan brainware yang merupakan rangkaian penting pada komputer, agar perangkat komputer dapat berjalan dengan baik dan memiliki hasil atas suatu pekerjaan. Baik cukup sampai disini artikel kali ini dari kami, apabila ada hal yang belum jelas ataupun ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan teman – teman bisa sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

JagoTKJ.my.id