Cara Membuat Blog Sendiri Secara Gratis


Judul : Cara Membuat Blog Sendiri Secara Gratis
link : Cara Membuat Blog Sendiri Secara Gratis


Cara Membuat Blog Sendiri Secara Gratis

Cara Membuat Blog Sendiri Secara Gratis – Saat ini seiring berkembangnya teknologi, sarana media informasi bisa diperoleh dari mana saja. Jika dahulu hanya dari buku, namun saat ini tersedia internet, yang bisa diakses cukup dari genggaman tangan saja, kapanpun dan dimanapun. 

Salah satu media yang mendukung kemudahan ini adalah adanya Blog.

Mengenal Blog

Sebelumnya mungkin kalian pernah berselancar di internet, baik itu melalui search engine Google, Yahoo, dan sebagainya. Nah apabila kalian mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian, maka akan muncul ribuan, jutaan, hingga milyaran situs web yang menyajikan informasi penting yang sedang kalian cari didalamnya. Sebagian itu merupakan blog.

Apa itu blog?

Blog merupakan salah satu jenis website yang menyediakan dan memuat berbagai tulisan (artikel) yang tersedia dalam beragam topik pembahasan.

Fungsi Blog

Adapun fungsi dari adanya blog ini tergantung dari tujuan penulis atau biasa disebut blogger. Blogger sendiri merupakan pemilik blog yang bertugas menulis informasi, yang nantinya  dipublikasikan dalam blog, supaya bisa diakses dan dapat dibaca oleh semua pengguna internet. Berikut beberapa fungsi dari blog, diantaranya :

Catatan pribadi

• Majalah digital

• Situs pembelajaran

• Hingga bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari blog itu sendiri, dan lain-lain.


Selain itu, sebagai bentuk rasa kepengen mencerdaskan anak Bangsa, teman-teman juga bisa bergabung untuk membuat blog, mengelolanya, dan mengisinya dengan artikel bermanfaat secara gratis.

Lalu bagaimana cara membuat blog?

Cara Membuat Blog Untuk Pemula Secara Gratis

Sebenarnya ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membangun sebuah blog, untuk pemula bisa menggunakan versi gratis terlebih dahulu yaitu dengan situs Blogger.com.

Untuk tahap pembuatannya sendiri sangatlah mudah, bisa melalui Komputer, Laptop, hingga Hp sekalipun. Langsung saja berikut ini penjelasannya :

1. Langkah pertama masuk ke situs www.blogger.com, kemudian login menggunakan akun Google.

2. Apabila sudah masuk pada halaman depan situs web seperti ini, klik opsi Buat Blog.

3. Berikutnya masukkan nama blog yang diinginkan pada kolom yang tersedia. Apabila sudah pilih Berikutnya.

4. Langkah selanjutnya masukkan alamat URL blog yang diinginkan. Nantinya alamat ini digunakan untuk menemukan blog yang kalian miliki secara online. (Pastikan alamat URL blog tersebut masih tersedia dan belum digunakan oleh orang lain dengan ditandai tulisan “alamat blog ini tersedia’). Jika sudah pilih opsi Simpan.

5. Saat ini kita sudah berhasil membuat blog milik kita sendiri dan blog tersebut sudah bisa dikunjungi oleh semua orang.

6. Langkah selanjutnya teman-teman bisa mengisi blog yang kalian miliki dengan menulis artikel dan memublikasikannya ke internet dengan menekan opsi Postingan Baru.

Pada dashboard halaman depan situs blogger ini tersedia beberapa menu, fungsinya diantaranya adalah sebagai berikut.:

Postingan Baru : Untuk menulis tulisan berupa artikel kedalam blog.

Postingan : Berisi daftar artikel yang telah kita tuliskan, disimpan, dan dipublikasikan.

Statistik : Untuk mengecek dan melihat statistik tampilan halaman blog yang dilihat oleh pengguna internet, lengkap dengan data pengunjung, sumber lalu lintas, hingga tampilan artikel yang populer.

Komentar : Untuk melihat komentar yang dikirimkan pembaca terhadap suatu artikel yang dituliskan dalam blog yang kita miliki.

Penghasilan : Digunakan untuk memonetisasi blog, apabila sudah memenuhi syarat bisa didaftarkan ke dalam program Google Adsense. Nantinya untuk memasangkan iklan dan mulai menghasilkan uang dari blog yang dikelola.

Halaman : Berfungsi untuk membuat halaman mandiri didalam suatu blog, seperti halaman About Us, halaman kontak, daftar isi, privacy policy, disclaimer, TOS, dan lain sebagainya. Hal ini perlu dilengkapi, untuk memudahkan pengunjung pada saat berselancar dalam blog yang kita miliki.

Tata Letak : Berfungsi untuk mengatur tata letak tampilan dari blog, menambah widget, iklan, postingan popular, postingan terbaru, dan fitur menarik lainnya kedalam blog.

Tema : Berfungsi untuk mengganti tampilan template/tema dan menyesuaikannya supaya tampilan blog saat dikunjungi lebih menarik.

Setelan : Berfungsi untuk mengatur setelan blog, terdiri dari 7 sub menu yaitu : Dasar, Postingan, komentar, dan berbagi, Email, Bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran, Lainnya, dan Setelan Pengguna. 

Jagotkj.my.id